DJI Air 2s dan DJI Mavic Air 2 Manakah Yang Lebih Layak Untuk Di Beli?

1 bulan yang lalu

Beberapa Bulan yang Lalu DJI Melahirhan Pembaruan dari DJI Mavic Air 2 yaitu Drone DJI Air 2s.  Dari segi desain memang berbeda karena adanya fitur tambahan. Pada Mavic Air 2S dilengkapi dengan sensor dekat di bagian atas drone. Berbeda dengn Mavic Air 2 yang tidak dibekali desain fitur serupa. Hal ini membuatnya lebih baik dalam menghindari rintangan saat diterbangkan. Terlebih saat terbang dalam kecepatan tinggi mampu melakukan pendaratan yang halus. Dari segi beratnya, Air 2S memiliki bobot 595 gram, sedangkan Mavic Air 2 hanya 570 gram. Bobot Air 2S  yang lebih berat mampu membuatnya lebih stabil saat terbang dalam kondisi udara berangin sekalipun.

Kapabilitas dalam Membuat Foto

Mavic Air 2

Seperti disebutkan pada bagian awal, kedua drone memiliki spesifikasi kamera yang berbeda-beda. Hal ini berpengaruh pada hasil bidikan foto yang ada. Mavic Air 2S memiiliki sensor kamera yang telah dikembangkan dari sensor Mavic Air 2. Misalnya dari segi ukurannya. Jika pendahulunya memiliki ukuran ½ inci, maka Mavic Air 2 ukuran sensor kameranya adalah 1 inci.

Meski memiliki resolusi kamera foto lebih rendah dibanding Mavic Air 2, DJI Air 2S sebenarnya bisa menghasilkan foto yang tajam dengan fitur sensor Quad Bayer. Namun, seorang fotografer drone profesional cenderung akan memilih ukuran sensor lebih besar untuk mendapatkan gambar yang tajam dan jernih.

Jadi, dapat dikatakan bahwa  seri terbaru ini lebih unggul dan sebagai versi premium dari Mavic Air 2 sebelumnya dari segi kameranya. Ditambah lagi fitur MasterShots membuatnya lebih impresif dalam mengambil gambar dalam sekali sentuhan.

Kapabilitas dalam Membuat Video

Sensor kamera berukuran besar akan menghasilkan kualitas video yang baik pula. Anggapan ini juga berlaku bagi Mavic Air 2S. Dengan kapabilitasnya yang mampu menghasilkan kualitas  video 5.4K, terlihat lebih unggul dibandingkan generasi sebelumnya yang hanya 4K.

Kemudian, dapat dilihat juga pada ukuran bitrate-nya. DJI  Air 2S memilikinya dalam ukuran 150Mbps, sedangkan generasi pendahulunya hanya berada 120Mbps. Ukuran yang lebih besar tersebut mampu membuat video lebih detail dan tajam.

Fitur Keamanan

Drone DJI, DJI Mavic Air 2S, DJI Air 2S, Harga DJI Mavic Air 2S

Berbicara mengenai fitur keamanan, Mavic Air 2S dilengkapi dengan fitur APAS 4.0 yang merupakan pengembangan terbaru dari DJI’s Advanced Pilot Assitance System.  Di mana fitur tersebut mampu mendeteksi rintangan saat diterbangkan. Berbeda dengan Mavic Air 2S yang dilengkapi dengan APAS 3.0.

Tak hanya itu saja, fitur keamanan yang ada pada Mavic Air 2S lainnya adalah DJI AirSense yang tidak ada pada seri sebelumnya. Menggunakan teknologi ADS-B, dapat memberikan peringatan kepada pilot drone saat terlalu dekat dengan pesawat maupun helikopter saat terbang.

Perbandingan Performa

Selanjutnya dari segi performa saat terbang keduanya. Mavic Air 2 bisa bertahan di suhu mulai -10 hingga 40 derajat Celcius. Ini berbeda dengan Mavic Air 2S yang lebih bermain pada suhu aman saat dioperasikan yakni 0-40 derajat Celcius. Untuk Baterainya, Mavic Air 2 lebih unggul karena baterai pada Mavic Air 2S memiliki ketahanan air yang menurun.

Meski begitu, untuk mendukung performa terbaiknya kedua drone DJI ini memiliki fitur tambahan. Yakni selain penyimpanan internal 8 GB, juga kompatibel untuk ditambahkan slot microSD dengan kapasitas 256 GB dan GPS GLONASS serta kompas.

 

Kesimpulan

Dari perbandingan kedua drone DJI di atas, tentu memiliki performa dan fitur berbeda. Untuk seri DJI Air 2S dari segi kualitas memang lebih unggul dan dirancang untuk keandalan tingkat tinggi. Hal ini terletak pada performa kamera dengan sensor berukuran 1 inchi dan kemampuannya menangkap objek gambar hingga kualitas 20 MP. Bahkan, dapat membuat video dalam ukuran 5.4K ultra HD Video.

Lantas, bagaimana dengan generasi sebelumnya? Pada dasarnya, Mavic Air 2 juga cukup baik dalam hal performa kamera yang dimilikinya. Hanya saja, DJI Mavic Air 2S dibekali fitur yang lebih baru, seperti kemampuan zoom kamera lebih baik. Akan tetapi, performa utama drone generasi penerus ini terletak pada spesifikasi tinggi videonya dengan bitrate lebih cepat dan impresif pada 5.4K @ 30fps.

Di sisi lain, Mavic Air 2 unggul idari segi desainnya yang lebih kecil dan bobot lebih ringan. Sehingga, Mavic Air 2 dapat diandalkan untuk berbagai keperluan di berbagai medan karena spesifikasi terbaik yang dimilikinya. Meskipun, Air 2S sedikit lebih berat 25 gram namun ini bukan menjadi masalah besar karena menang dalam hal spesifikasi kameranya dan kestabilannya. Kemudian, apapun drone DJI-nya perhatikan pula cara merawat drone dengan baik.